6 Tips Sehat dan Bugar Selama Berpuasa

6 Tips Sehat dan Bugar Selama Berpuasa

Hi sobat gizi, pada kali ini Tanyagizi akan membahas mengenai Puasa dan juga tip-tips nya agar sobat gizi lancar berpuasa selama sebula penuh.

Puasa dalam bahasa Arab disebut as-saum atau as-siyam yang berarti imsak  atau “menahan diri dari segala sesuatu”. Dengan kata lain, puasa adalah, “Menahan diri dari makan, minum, dan yang lainnya. Puasa ini dijalankan pada bulan Ramadan dan dilakukan selama 1 bulan penuh.

Dikarenakan pada puasa ini ritme makan kita berubah yang biasanya makan satu hari 3x yaitu pagi, siang, dan malam dengan 2x snack pada pagi dan sore hari, kemudian berubah menjadi makan hanya 2x pada saat malam hari dan sebelum subuh. Maka tubuh kita akan bereaksi seperti pusing, lemas, lemah, dan lain sebagainya. Untuk menghindari efek tersebut yang berkepanjangan, disini Tanyagizi akan membahas tips-tips nya, sehingga puasa sobat gizi tidak ada kendala dan juga dapat melakukan aktivitas sehari-hari layaknya di bulan-bulan lainnya. yuk kita simak Tips Sehat dan Bugar selama berpuasa.

1. Makan-makanan seimbang

Selama bulan ramadan sobat gizi harus pintar-pintar memilih makanan, pasti semua makanan sangat menggiurkan pada saat lapar. Namun, pemilihan makanan yang tepat sangat penting untuk menimbun energi saat berbuka dan sahur sehingga pada saat berpuasa sobat gizi tidak merasakan pusing atau lemas. Makanan

sehat dan bugar selama ramadan tanyagizi tanya gizi
               Porsi Makan Seimbang Menurut Depkes RI

seimbang ini harus sobat gizi terapkan tidak hanya di luar bulan ramadan, namun juga selama bulan Ramadan. Makanan seimbang bisa dilihat contoh nya sebagai berikut

2. Selalu Jaga Cairan Tubuh

Sobat gizi tidak hanya menahan lapar selama berpuasa tetapi juga menahan haus, sedangkan tubuh kita sangat memerlukan asupan air. Pada bulan ramadan ini sobat gizi harus minum sebanyak 2,5 L setiap hari nya, air ini tidak hanya didapat dari air putih saja namun sobat gizi juga bisa kombinasikan dengan makan-makanan yang banyak mengandung air seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, jus buah, dan lain sebagainya. Sobat gizi bisa baca lengkap di artikel sebelumnya yang berjudul Bukan Hanya Segar, Makanan Ini Memiliki Kadar Air Tinggi Seperti Air Putih . Menurut Zainabul Khubro , Ahli Gizi di Tanya Gizi, sobat gizi bisa membagi cairan menjadi 2L sebagai air putih 0,5L nya selain dari air putih. 2L tersebut bisa diminum yaitu pada saat sahur sebanyak  4 gelas dan pada saat berbuka sebanyak 6 gelas. Sehingga kebutuhan cairan selalu tercukupi selama Bulan Ramadan.

3. Hindari Makan-makanan Terlalu Manis

Hindangan yang paling menggiurkan selama berbuka yaitu hidangan pembuka, hidangan pembuka ini sebagian besar rasanya manis seperti cake, syrup, cokelat, dll. Taukah sobat gizi tubuh kita yang selama 12-13 jam tidak makan dan minum apabila saat datang waktu berbuka, maka makan sedikit saja sudah mengenyangkan. Sehingga jika kita makan terlalu banyak makanan pembuka, sobat gizi tidak akan kuat untuk makan makanan utama dengan porsi yang seharusnya karena sudah terlalu kenyang. Sobat gizi juga akan merasakan perut keroncongan atau kelaparan pada malam hari sebelum tidur. Begitu juga apabila hal tersebut dilakukan saat sahur, pada saat pagi hari sobat gizi akan cepat sekali kelaparan. Mengapa bisa seperti ini? karena makanan manis tidak dapat menahan lapar lebih lama berbeda apabila kita makan porsi kecil pada makanan manis dan porsi agak besar pada makanan utama. Sehingga untuk meminimalisasi kecenderungan kelaparan pada saat malam hari dan juga setelah sahur, maka hindari makanan atau minuman yang manis terlalu banyak.

4. Jangan Lupa Olahraga Selama Ramadan

Apa sobat gizi masih mengira selama bulan ramadan stop olahraga agar tidak capek atau lemas? , apabila sobat gizi memiliki pemikiran seperti hal serupa bisa jadi sobat gizi akan lebih capek dan lemas pada saat berpuasa. Ini dikarenakan Olahraga selama bulan ramadan memiliki efek yang bagus kepada tubuh kita, karena memperlancar peredaran darah, melenturkan otot-otot, dan juga membuat tidur kita lebih optimal. Sobat gizi dapat melakukan olahraga di jam-jam tertentu selama berpuasa, yaitu pada satu jam sebelum berbuka dan

olahraga selama ramadan Tanyagizi Tanya gizi
       Berolahraga Selama Bulan Ramadan

2jam setelah berbuka selama 30 menit – 1 jam. Waktu tersebut adalah waktu yang pas untuk sobat gizi melakukan olahraga dan tidak akan membuat lemas. Dikarenakan pada saat Olahraga sebelum berbuka, waktunya mendekati berbuka sehingga setelah olahraga sobat gizi bisa langsung minum, begitu juga apabila olahraga dilakukan 2j am setelah berbuka karena sampai sahur pun sobat gizi masih diizinkan untuk makan dan minum. sehingga waktu-waktu tersebut bisa sobat gizi manfaatkan untuk berolahraga.

5. Jangan Skip Waktu Sahur

Sahur merupakan bagian yang sangat penting, karena apa yang kita makan di saat sahur akan berdampak pada tubuh selama seharian. Sehingga pastikan untuk sahur ya Sobat Gizi, tidak sahur bukan berarti cara yang tepat untuk menguruskan badan. Itu merupakan persepsi yang salah dan tidak diperbolehkan untuk di coba. Hal ini dikarenakan apabila sobat gizi tidak sahur, maka tubuh tidak mempunyai asupan nutrisi yang cukup yang bisa dibakar selama berpuasa. Efek seperti lemas, lemah, pusing, dan juga berpotensi untuk terjadinya penyakit maag sangat mungkin dialami oleh sobat gizi yang tidak sahur. Apabila Sobat Gizi jarang untuk sahur yuk coba dari sekarang makan sahur, sehingga tubuh kita tetap mendapatkan cadangan nutrisi dan siap untuk menghadapi hari.

6. Hindari Overeating Selama Berbuka

sehat dan bugar selama ramadan tanyagizi tanya gizi
    Hindari Overeating Selama berbuka

Selama berpuasa kita dianjurkan menahan sesuatu dan juga menahan untuk tidak berlebih-lebihan, begitu juga untuk makan dan minum. sangat tidak dianjurkan untuk makan terlalu banyak karena akan membuat bloating atau kembung, mual, sakit perut, dan juga akan sulit untuk menjalankan ibadah setelahnya karena perut kita terlalu banyak diisi oleh makanan. dianjurkan pada saat berbuka minum air hangat dan kurma, setelah itu lakukan sholat maghrib, kemudian baru sobat gizi konsumsi makanan utama sebelum tarawih. Makan lah sedikit demi sedikit dan nikmati setiap makanan yang kita makan selama berbuka.

Jadi itu semua 6 tips sehat dan bugar selama berpuasa dari Tanyagizi, yuk coba dilakuin agar puasa sobat gizi lancar dan tidak ada kendala selama sebulan Penuh. Sobat gizi juga bisa cek video Tanyagizi di channel Youtube Tanyagizi

 

 

Apabila ada yang ingin ditanyakan atau ingin share pengalaman silahkan isi kolom komentar dibawah. Kami seluruh tim Tanyagizi mengucapkan Selamat Berpuasa bagi Sobat Gizi yang menjalankannya.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *