Apa Itu Baby Led Weaning ?

Apa Itu Baby Led Weaning ?

Berikut tanya gizi akan mengupas mengenai Baby Led Weaning atau BLW yang banyak digandrungi oleh ibu-ibu karena gampang sekali untuk diberikan ke bayi, karena tidak perlu banyak preparation.

Setelah selama 6 bulan bayi hanya minum ASI saja atau ASI ekslusif selama 6 bulan. Maka setelah nya bayi akan diperkenalkan makanan lain selain ASI atau makanan pendamping ASI. Berbagai metode makanan pun diperkenalkan secara bertahap mulai dari makanan cair, halus, saring, dan lain sebagai nya dengan cara disuapi. Baru-baru ini banyak ibu-ibu di Indonesia memberikan cara baru untuk memperkenalkan makanan pertama bagi bayi mereka dengan Baby led weaning. Yuk simak lebih lengkap nya bunda

Tahapan Mengenalkan Makanan Pada Bayi

tanyagizi apaitubabyledweaning
       tahapan mengenalkan makanan pada bayi – Tanyagizi

Berikut akan dijelaskan secara detail tahapan mengenalkan makanan pada bayi menurut Departemen Kesehatan RI

  • Pada umur 0-6 bulan bayi hanya diberikan ASI, makanan atau minuman selain ASI tidak diperbolehkan untuk diberikan kecuali bayi dalam kondisi yang kritis atau mengalami masalah kesehatan sehingga ASI saja tidak cukup untuk diberikan.
  • Pada umur 6 bulan bayi diperkenalkan untuk makan selain ASI atau makanan pendamping ASI (MP-ASI). MP-ASI diberikan karena sistem pencernaan bayi mulai terbentuk dan kebutuhan akan nutrisi semakin banyak.
  • Pada umur 6-7 bulan bayi diperkenalkan untuk makan selain ASI, makanan yang bisa diberikan yaitu makanan dalam bentuk cair. Contoh makanan yang bisa diberikan yaitu sari buah.
  • Pada umur 7-8 bulan selain diberikan sari buah, bayi bisa diperkenalkan dengan bubur atau makanan lumat. Contoh nya bubur susu yang terbuat dari tepung beras dan susu.
  • Pada umur 8-9 bulan makanan bayi bisa ditambah dengan memberikan finger foods seperti biskuit yang lunak.
  • Pada umur 9-12 bulan tingkatkan terus tekstur makanan sesuai dengan kesanggupan si bayi.

Apa Itu Baby Led Weaning

 

tanyagizi-apa-itu-Baby-led-weaning-
           Apa itu Baby Led Weaning ? – Tanyagizi

Memperkenalkan bayi pada makanan padat disebut “penyapihan” atau “makanan pelengkap”, dalam bahasa inggris disebut weaning. Pada Baby Led Weaning, bayi yang menuntun atau memimpin sendiri makanan sapih nya, tanpa harus bunda yang menyuapi.

 

Selama 10-15 tahun terakhir di beberapa Nega

ra di luar negeri sana, pendekatan alternatif yang dikenal sebagai ‘baby-led weaning’ lumayan populer. Apalagi saat Rapley menjual bukunya mengenai ‘baby-led weaning book’ pada tahun 2008, semakin bertambah ibu-ibu yang memperkenalkan metode ini pada bayi mereka. Alih-alih memadukan atau mencapur makanan, pada Baby led Weaning bayi diperbolehkan makan makanan secara keseluruhan atau utuh. Penekanannya adalah membiarkan bayi memilih apa yang dia mau makan dan seberapa banyak yang mereka ingin makan. Tujuannya agar bayi menjadi bagian penting juga pada saat waktu makan bersama keluarga atau family mealtimes.

Rapley G untuk mendapatkan gelar masternya pada tahun 2013 dia membuat thesis dengan judul “Bisakah Bayi Memulai Dan Mengarahkan Proses Penyapihan?”. Pada studi skala kecil tersebut didapatkan bahwa metode BLW ini menawarkan berbagai manfaat bagi bayi, mulai dari kontrol nafsu makan yang lebih baik, hingga diet yang lebih luas dan bahkan pengembangan keterampilan motoric.

Pada Umur Berapa Boleh Memakai Metode Baby Led Weaning

tanyagizi-babyledweaning
     Pandangan WHO terkait BLW – Tanyagizi

Metode baby led weaning seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa bayi lah yang secara mandiri mengambil makanannya, maka dalam metode ini bayi harus sudah bisa menggenggam makanan dan memasukkan sendiri makanannya ke mulut. Pada penelitian tahun 2011 pada 923 bayi, diperoleh bahwa bayi bisa menggenggam makanannya sendiri 68% pada umur 4–6 bulan, 85% pada umur 6–7 bulan dan 96% pada umur 7–8 bulan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa BLW mungkin layak bagi kebanyakan bayi pada usia 7-8 bulan. Namun apabila bayi tetap diberikan metode BLW padahal bayi masih belum bisa menggenggam makananan, maka akan menimbulkan masalah gizi bagi bayi yang relatif tertunda perkembangannya.

Pandangan WHO terkait Baby Led Weaning

WHO (Badan kesehatan Dunia) menyarankan agar bayi pada awalnya diberi makanan yang di blend dengan lembut, kemudian berkembang ke makanan yang ber tekstur sampai bayi berumur 12 bulan. Makanan “Finger Foods” , direkomendasikan oleh WHO pada saat bayi menginjak usia 8 bulan, tapi bukan sebagai makanan utama tetapi sebagai makanan pendamping saja. Sehingga dapat disimpulkan bahwa BLW bisa digunakan sebagai makanan pendamping bukan sebagai makanan utama. Metode BLW bisa berfungsi untuk melatih motorik bayi dan juga untuk memperkenalkan bentuk dan rasa alami dari makanan tersebut. Sehingga bunda harus memperhatikan dan memberikan nutrisi penuh untuk bayi sampai usia mencapai 2 tahun.

Kesimpulan Terkait Metode Baby Led Weaning

Dari penjelasan diatas jelas sudah mengenai BLW namun semua keputusan ditangan bunda, setiap bayi memiiki perkembangan yang berbeda dan bunda lah yang paling mengerti mengenai bayi bunda sendiri. Bunda bisa memutuskan kapan waktu yang tepat bagi anak kapan dia mulai diberikan metode BLW. Kembali lagi diulas penjelasan diatas bahwa MP-ASI disediakan untuk melengkapi nutrisi bagi bayi, sehingga apabila bayi belum siap diberi metode BLW maka bunda bisa memberikan makanan lunak untuk melengkapi kebutuhannya. Jangan sampai karena mengikuti kepopuleran BLW bunda memaksakan bayi untuk mengikuti metode tersebut, sehingga bayi tidak mendapatkan nutrisinya secara penuh. Bayi memiliki insting begitu pula para ibu maka pergunakan insting itu untuk membuat keputusan. Apabila ada pertanyaan silahkan beri comment di postingan ini.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *