Ingin Memulai Diet Ketogenik ? Yuk Simak Penjelasan Menurut Ahli

Ingin Memulai Diet Ketogenik ? Yuk Simak Penjelasan Menurut Ahli

Diet Ketogenik sangat populer karena efeknya yang cepat dalam menurunkan berat badan, Tanyagizi akan mengupas tuntas terkait Diet Ketogenik ini.

Bagi sebagian orang kelebihan berat badan merupakan hal yang paling menyebalkan dalam hidup. Sehingga banyak sekali hal yang mereka lakukan untuk menurunkan berat badan, mulai dari diet ketat dengan tidak makan, minum berbagai macam obat penurun berat badan, atau mencoba berbagai macam jenis diet yang “katanya” efektif untuk menurunkan berat badan.

Salah satu jenis diet yang di gemari saat ini dan beberapa artis dunia pun melakukannya yaitu Diet Ketogenik. Diet ini pun semakin ramai diperbincangkan tidak hanya di luar negeri sana, tetapi di Indonesia juga. Catering diet pun bermunculan untuk menawarkan Diet Ketogenik ini. Jadi sebenarnya apa Diet Ketogenik ini dan bagaimana pendapat menurut ahli terkait diet ini, yuk kita simak selengkapnya sobat Tanyagizi.

PENJELASAN MENGENAI DIET KETOGENIK

Tidak hanya menyebalkan, kelebihan berat badan akan mengiring kita ke berbagai penyakit. Obesitas merupakan penyakit kronik dan bukan hanya menjadi masalah di negara maju saja, karena kini juga merambat ke negara berkembang. Sehingga berbagai macam metode penelitian pun dilaksanakan untuk menurunkan berat badan, kolesterol, LDL, dan meningkatkan HDL dengan tujuan menurunkan angka obesitas. Berbagai penelitian terhadap Diet juga dilakukan sebagai upaya mencari diet yang tepat untuk menurunkan berat badan.

diet ketogenik - tanyagizi
Diet Ketogenik yang mempunyai komposisi lemak lebih banyak – tanyagizi

Salah satu diet untuk menurunkan berat badan yaitu Diet Ketogenik yang mana dalam diet ini rasio lemak terhadap karbohidrat adalah 5: 1. Hal yang mungkin tidak terpikirkan oleh kita bahwa memperbanyak mengkonsumsi makanan tinggi lemak mampu menurunkan berat badan, lemak yang dikonsumsi yaitu unsaturated fat ya sobat Tanyagizi. Sebenarnya Diet ini telah digunakan untuk pengobatan epilepsi pada anak-anak sejak tahun 1920an. Saat ini, semakin meningkat jumlah pusat pengobatan yang menerapkan Diet Ketogenik untuk merawat anak-anak epilepsi yang resistan terhadap obat dan jumlah penelitian terkait hal ini juga meningkat secara dramatis. Diet Ketogenik untuk pengobatan epilepsi pada umumnya yaitu 80% lemak, 15% protein dan 5% karbohidrat, sedangkan Diet Ketogenik  untuk menurunkan berat badan diperkenalkan oleh Atkins pada tahun 1970an dengan komposisi lemak 60%,  protein 30% dan  karbohidrat 10%.

Dalam Penelitian Diet ketogenik ini terjadi penurunan yang signifikan pada 83 pasien obesitas yang menjalani Diet Ketogenik selama 24 minggu atau selama 6 bulan, yaitu penurunan berat badan sebanyak 8,5 Kg. Pada penelitian tersebut juga disebutkan bahwa diet tinggi lemak yang kaya akan asam lemak tak jenuh ganda (Diet Ketogenik) cukup efektif dalam mengurangi berat badan dan faktor risiko berbagai penyakit kronis.

PENJELASAN AHLI TERKAIT DIET KETOGENIK

Populer nya diet ketogenik di masyarakat, bukan berarti kita harus mengikutinya tanpa mencari tahu terlebih dahulu atau menutup mata akan penelitian terkait diet ini. Sobat Tanyagizi harus mencari tahu bagaimana penelitian terkini terkait diet ini, jangan sampai kita hanya ikut-ikutan saja. Untuk itu disini Tanyagizi akan merangkum beberapa penelitian dari para ahli terkait Diet ketogenik ini, yuk disimak sobat Tanyagizi!

  1. Menurut review yang dilakukan oleh Antonio Paoli tahun 2013 dan beberapa penelitian yang meneliti Diet Ketogenik, Diet ini terbukti efektif untuk menurunkan berat badan dalam jangka dekat sampai menengah sebanyak 3-8 Kg, menurunkan hiperlipidemia (kelebihan lemak dalam tubuh) dan beberapa faktor risiko kardiovaskular.
  2. Menurut penelitian yang dilakukan pada 11 wanita penderita PCOS, hasilnya terjadi penurunan berat badan 4-7kg dalam waktu 6 bulan dan 2 diantaranya hamil setelahnya. Selain penurunan berat badan, terjadi juga perubahan di persentasi nilai testosteron, serum puasa insulin, dan gejala pada wanita yang di diagnosis dengan PCOS selama periode enam bulan.
  3. Menurut penelitian ini terjadi perubahan mood yang signifikan pada pasien dengan Diet Ketogenik, meskipun saat awal diet mood tersebut bisa dikembalikan seperti semula. Namun dalam jangka waktu panjang mood tersebut akan kembali turun. Ini dikarenakan diet ketogenik yang begitu jauh dari kebiasaan makan normal adalah sebuah tantangan. Ini yang kemungkinan menyebabkan gangguan mood dalam makanan, perasaan disforia (tidak nyaman) saat makan bersama dengan, perasaan emosi, kebingungan, dan depresi-kesedihan
  4. Pada penelitian ini menyebutkan bahwa sangat penting untuk memperhatikan komposisi diet dalam Diet Ketogenik, karena apabila kita salah dalam perhitungan komposisi dan pemilihan bahan makanan maka efek negative mungkin saja bisa terjadi. Dalam penelitian ini yang dilakukan pada tikus, diet ini bisa menginduksi peradangan hati, penumpukan lipid (lemak), dan menyebabkan steatosis hati dalam jangka pendek pada tikus dengan komposisi protein 20%.

Diet Ketogenik ini bisa dikatakan diet yang akan menguras kantong kita, karena komposisi bahan makanan tinggi Lemak yang lebih besar. Meskipun diet ini masih menimbulkan beberapa kekhawatiran di kalangan dokter karena Diet ini dianggap mampu menstimulasi kondisi metabolik tubuh, sehingga perlu penelitian lebih lanjut terkait ini. Dari penjelasan diatas semoga sobat Tanyagizi lebih mengerti ya mengenai Diet Ketogenik ini. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan Dokter atau Ahli Gizi sebelum melakukan diet.

Apabila sobat Tanyagizi ada yang mengikuti pola Diet Ketogenik ini, jangan lupa untuk comment dibawah yaa



2 thoughts on “Ingin Memulai Diet Ketogenik ? Yuk Simak Penjelasan Menurut Ahli”

  • Selamat siang mas/mbak saya ingin bertanya ada rancangan menu buat diet ketogenik selama seminggu tidak ?
    Jika ada mungkin bisa di publish di post selanjutnya

    • Hi Indry,

      terima kasih atas pertanyaannya
      kami tidak merancang diet populer seperti diet ketogenik, tetapi diet khusus untuk per orangan yaitu dengan berkonsultasi langsung dengan ahli gizi kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *